Download Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru MPPKS PKG.
Tipssehatcantik.com – Download Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru MPPKS PKG.
Informasi Modul Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS – PKG) Tahun 2019, Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah untuk Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS – PKG).
Untuk diketahui bahwa Tugas supervisi akademik Kepala sekolah meliputi pembinaan, pemantauan dan penilaian kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil pembelajaran dan pembimbingan serta pelatihan peserta didik.
Dengan adanya modul dan kegiatan MPPKS – PKG diharapkan bisa membantu kepala Sekolah dalam Supervisi kepada Guru.
Baca Juga :
Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan D3 S1.
Download Kumpulan Contoh Soal CPNS dan Latihan Soal CPNS.
Berikut ini admin sampaikan isi dari Modul MPPKS – PKG untuk Kepala Sekolah, dan selanjutnya bisa di download dalam bentuk PDF dan di Cetak.
Untuk Link download bisa di lihat di paragraf bawah artikel ini.
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Instrumen Perencanaan Kegiatan Pembelajaran ………….. 22
Tabel 2. Wawancara Pra Observasi ………………………………………… 24
Tabel 3. Wawancara Supervisi Guru Pasca Observasi ………………. 26
Tabel 4. Format Evaluasi Hasil Supervisi …………………………………. 29
Tabel 5. Daftar Pengamatan Kunjungan Kelas …………………………. 33
Tabel 6. Daftar Tindak Lanjut Hasil Supervisi ……………………………. 37
Tabel 7. Kompetensi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran ………………. 50
Tabel 8. Kompetensi Guru Bimbingan Konseling/Konselor …………. 51
Tabel 9. Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah ……………………….. 52
Tabel 10. Kompetensi Wakil Kepala Sekolah ……………………………. 52
Tabel 11. Kompetensi Kepala Perpustakaan ……………………………. 53
Tabel 12. Kompetensi Kepala Laboratorium/Bengkel/Sejenisnya … 54
Tabel 13. Kompetensi Ketua Program Keahlian ………………………… 54
Tabel 14. Perhitungan Pengolahan Penilaian Kinerja ………………… 63
Tabel 15. Konversi Nilai Kinerja Hasil PK GURU ke persentase
Angka Kredit ………………………………………………………………………… 66
Tabel 16. Langkah 7 Tahapan PK GURU (Kemendikbud, 2016) ….. 75
Download Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru MPPKS PKG.
A. Latar Belakang
Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru disusun untuk membekali kepala sekolah biar sanggup melaksanakan kiprah supervisi kepada guru dengan baik. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 ihwal Standar Kompetensi Kepala Sekolah disebutkan ada lima kompetensi kepala sekolah, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi supervisi.
Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 ihwal Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah menyatakan bahwa guru, kepala sekolah dan pengawas melaksanakan beban kerja 40 jam dalam satu ahad di satuan manajemen pangkal, yang dijabarkan dalam kegiatan pokok masing-masing. Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 ihwal Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah menyatakan bahwa kepala sekolah yaitu guru yang menerima kiprah memimpin dan mengelola satuan pendidikan.
Kepala sekolah yaitu pemimpin dan sekaligus penanggung jawab terselenggaranya pembelajaran yang berkualitas di sekolah. Pembelajaran yang tinggi yang ditandai dengan kinerja yang baik. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus mempunyai kemampuan untuk menjamin adanya proses peningkatan profesionalisme guru sekaligus melaksanakan penilaian kinerjanya. Salah satu upaya penting dalam pengembangan pengembangan profesionalisme dan peningkatan kinerja guru di sekolah yaitu supervisi kepada guru. Oleh sebab itu kepala sekolah harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan supervisi kepada guru. Pada sisi lain, guru harus dinilai kinerjanya melalui prosedur Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).
Download Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru MPPKS PKG.
Modul ini membahas khusus ihwal supervisi kepada guru dan
PK Guru. Merujuk pada Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, PK Guru yaitu penilaian dari tiap butir kegiatan kiprah utama
Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Dua kegiatan tersebut mempunyai tujuan dan pendekatan yang berbeda. Supervisi kepada guru lebih bersifat membantu guru dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi biar sanggup meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan PK Guru lebih condong pada justifikasi kinerja guru. Berbagai pendekatan, teknik dan model supervisi kepada guru yang dilaksanakan secara simultan di sekolah diharapkan berdampak pada peningkatan motivasi dan profesionalisme guru. Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme guru yaitu kinerja guru, yang diukur dengan prosedur PK Guru.
Modul ini penyampaiannya harus mempertimbangkan social inclusion (inklusi sosial) sekaligus penguatan pendidikan abjad (PPK) dengan nilai utama Nasionalisme (sub nilai taat azaz/peraturan) dan kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip). Kedua hal tersebut menyatu dalam proses pembelajaran sebagai upaya penguatan abjad bangsa.
B. Target Kompetensi
Setelah mempelajari modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru ini Saudara diharapkan bisa mengevaluasi hasil Supervisi kepada Guru dan Penilaian Kinerja Guru yang andal, sahih, transparan dan berkesinambungan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari modul supervisi dan penilaian kinerja guru diharapkan Saudara dapat:
- Menyusun perencanaan supervisi guru;
- Melaksanakan supervisi guru;
- Merancang tindak lanjut hasil supervisi guru;
- Menafsirkan konsep penilaian kinerja guru;
- Menganalisis instrumen penilaian kinerja guru;
- Melaksanakan penilaian kinerja guru; dan
- Mempraktikkan pengolahan hasil dan tindak lanjut PK Guru.
D. Ruang Lingkup Dan Pengorganisasian Pembelajaran
- Ruang lingkup
Ruang lingkup materi supervisi dan penilaian kinerja guru meliputi:
- Konsep Supervisi Guru
- Prinsip-Prinsip Supervisi Guru
- Pendekatan, Teknik dan Model Supervisi Guru
- Instrumen Supervisi Guru
- Tahapan Supervisi Guru
- Konsep Penilaian Kinerja Guru
- Prinsip-Prinsip Penilaian Kinerja Guru
- Komponen PK Guru
- Waktu Pelaksanaan PK Guru
- Aspek yang Dinilai
- Perangkat Pelaksanaan PK Guru
- Pelaksanaan PK Guru
- Pengolahan Hasil Penilaian
- Pengorganisasian pembelajaran
Melalui modul ini, Saudara bersama penerima yang lain akan melaksanakan kegiatan secara berkelompok melalui curah pendapat dan diskusi. Pada setiap kegiatan pembelajaran, Saudara akan melaksanakan acara yang berbeda. Seluruh kegiatan dalam modul ini disajikan selama 4 JP (180 Menit) dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:
Pendahuluan Pengkondisian
(10 menit) Curah pendapat ihwal Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru
Kegiatan Belajar 1 Curah pendapat ihwal Supervisi
(20 menit) Guru
Konsep Supervisi Guru
Penugasan 1 LK-01a. Pengembangan Instrumen
(60 menit) Supervisi Guru (Tugas
Individu)
LK-01b. Analisis video supervisi kunjungan kelas (Tugas
Kelompok)
LK-01c. Tindak Lanjut Pasca Observasi
(Tugas Kelompok)
Kegiatan Belajar 2 Curah pendapat ihwal Penilaian (40 menit) Kinerja Guru
Konsep Penilaian Kinerja Guru
Penugasan 2 LK-02. Studi Kasus Penghitungan Angka
(40 menit) Kredit dari PK Guru (Tugas
Individu)
Penutup (10 menit) | Refleksi Simpulan |
Gambar 1. Langkah-Langkah Pembelajaran
E. Cara Penggunaan Modul
- Modul ini terdiri atas 3 pecahan utama, yaitu Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran 1. Supervisi Guru, dan Kegiatan Pembelajaran 2. Penilaian Kinerja Guru.
- Setiap kegiatan pembelajaran menyajikan informasi tentang: 1). tujuan pembelajaran; 2). indikator pencapai tujuan; 3). materi pembelajaran dan sumber belajar; 4). acara pembelajaran; 5). Penguatan; 6). Rangkuman; 7). refleksi dan tindak lanjut; serta 8). evaluasi.
- Sebelum mempelajari modul supervisi dan penilaian kinerja guru, Saudara harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang terkait dengan supervisi dan penilaian kinerja guru.
- Waktu untuk mempelajari modul supervisi dan penilaian kinerja guru yaitu 4 Jam Pelajaran, satu jam pelajaran setara dengan 45 menit.
- Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca pendahuluan, menyiapkan dokumen-
dokumen yang diperlukan/diminta, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara sanggup membaca materi bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.
- Aktivitas pembelajaran dilaksanakan melalui banyak sekali taktik menyerupai berpikir reflektif, tanya jawab, diskusi, studi dokumen, studi kasus, kerjasama tim, presentasi laporan, refleksi dan kegiatan lain yang relevan.
- Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan kala 21 yakni literasi, PPK, 4C (critical thinking, creativity, collaborative, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 Supervisi Akademik
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah simpulan mempelajari kegiatan pembelajaran 1 ini Saudara diharapkan mampu:
- Menyusun perencanaan supervisi guru;
- Melaksanakan supervisi guru; dan
- Merancang tindak lanjut hasil supervisi guru.
B. Indikator Pencapaian Tujuan
- Menjelaskan konsep dan prinsip supervisi guru;
- Menganalisis pendekatan supervisi guru;
- Menganalisis teknik dan model supervisi guru;
- Merancang instrumen supervisi guru; dan Menganalisis tindak lanjut hasil supervisi guru.
C. Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
- Konsep Supervisi Guru
Inti dari penyelenggaraan pendidikan persekolahan yaitu proses pembelajaran. Pembelajaran yang berkualitas hanya sanggup dilaksanakan oleh guru yang berkualitas pula. Salah satu kegiatan penting dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru yaitu supervisi kepada guru.
Banyak pengertian ihwal supervisi kepada guru atau biasa disebut dengan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru membuatkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran sehingga sanggup meningkatkan kompetensi paedagogik dan profesional, yang muaranya kepada peningkatan mutu lulusan penerima didik (Glickman:2007). Sedangkan Daresh (2001) menyebutkan bahwa supervisi akademik merupakan upaya membantu guru membuatkan kemampuannya mencapai tujuan pengajaran. Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah yang ditujukan kepada guru dengan tujuan memperlihatkan pertolongan profesional, selain itu supervisi akademik juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional maupun kompetensi paedagogik yang akan berdampak pada peningkatan kinerja guru-guru di sekolah.
Mengembangkan kemampuan guru tidak hanya ditekankan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, melainkan juga pada peningkatan komitmen, kemauan, atau motivasi
Untuk pembahasan selengkapnya bisa anda download di SINI
https://drive.google.com/file/d/1V-gB-NYDo8-01jPxdOtlrZ5VbFCpoMZs/view
Download Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru MPPKS PKG.
Demikian informasi ini, Terimakasih kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda.
Berikan komentar anda dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga anda yang membutuhkan informasi ini.
Semoga bermanfaat dan Terimakasih.
Baca juga :
Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.
Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan D3 S1.
Download Kumpulan Contoh Soal CPNS dan Latihan Soal CPNS.
0 Response to "Download Modul Training Penguatan Kepala Sekolah Supervisi Dan Evaluasi Kinerja Guru Mppks Pkg"
Post a Comment